Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Presiden Guatemala Diekstradisi ke AS

Kompas.com - 27/08/2011, 15:24 WIB

GUATEMALA CITY, KOMPAS.com - Mahkamah Konstitusi Guatemala pada Jumat (26/8/2011) meratifikasi ekstradisi mantan presiden Alfonso Portillo ke Amerika Serikat, tempat dia menghadapi tuduhan pencucian uang.

Portillo, presiden Guatemala dari 2000 sampai 2004, dituduh terlibat pencucian 70 juta dollar AS melalui bank AS. "Pengadilan ini telah sepakat untuk menolak banding Alfonso Antonio Portillo Cabrera dan akibatnya ekstradisi ke Amerika Serikat dipegang teguh," kata Alejandro Maldonado Aguirre, ketua pengadilan.      Tidak ada tanggal yang ditetapkan untuk ekstradisi, yang juga harus disetujui oleh Presiden Alvaro Colom.      Pengadilan merekomendasikan bahwa Portillo, saat ini di bawah tahanan rumah, dipindahkan ke pusat penahanan sampai Colom membuat keputusan tentang kasus tersebut.      Satu dewan hakim federal di New York  yang memohon Portillo diekstradisi pada Januari, mengklaim ia dan tim konspirator Guatemala menggelapkan dana publik dan menyembunyikan uang dalam rekening bank di luar negeri.      Dewan hakim AS mendakwa  Portillo, 59 tahun, juga mencuci uang melalui rekening Eropa dan Perancis. Jaksa sedang menyelidiki tuduhan tersebut.      Pada  Mei, satu pengadilan Guatemala menolak tuduhan-tuduhan dari Kementerian Publik negara itu bahwa mantan kepala negara mencuri dana  15 juta dollar AS dari militer pada 2001.      Portillo, yang saat menjabat menjanjikan untuk mendistribusikan kekayaan  di negara Amerika Tengah yang dilanda kemiskinan itu melarikan diri dari Guatemala ke Meksiko tak lama setelah menyelesaikan masa jabatannya pada tahun 2004.  Dia diekstradisi dari Meksiko ke Guatemala pada 2008 untuk diadili.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com