Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Naoto Kan Akan Mundur

Kompas.com - 26/08/2011, 15:23 WIB

KOMPAS.com — Perdana Menteri (PM) Jepang Naoto Kan akan mundur dari jabatannya seusai terpilihnya ketua Partai Demokrat (DPJ). PM Kan mengemukakan hal itu di depan parlemen. Menurut warta Xinhua pada Jumat (26/8/2011), sampai kini DPJ adalah partai yang tengah berkuasa di Negeri Sakura tersebut.

Pemerintahan PM Kan sendiri tengah menggarap dua hal yang terkait dengan masa depan Jepang. Pertama, soal energi terbarukan. Sementara kedua adalah soal penerbitan obligasi negara.

Persiapan untuk pemimpin baru DPJ akan memunculkan perdana menteri baru keenam dalam kurun waktu lima tahun ini. PM Kan terpilih menjadi Presiden DPJ pada Juni lalu. Ia sendiri terpilih kembali dalam pemilihan presiden partai pada September tahun lalu. Kala itu, ia mendapat dukungan 60 persen. 

Kendati demikian, PM Kan tidak lama menikmati dukungan itu. Dalam jajak pendapat yang diselenggarakan oleh Kyodo, popularitas dukungan untuk PM Kan justru anjlok hingga 15,8 persen.

Sekarang, setidaknya ada tiga kandidat kuat yang akan menjadi pengganti PM Kan, yakni Menteri Keuangan Jepang Yoshihiko Noda, Menteri Perindustrian Banri Kaieda, serta Menteri Luar Negeri Seiji Maehara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com