Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saif: Khadafy Aman di Tripoli

Kompas.com - 23/08/2011, 12:48 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com — Salah seorang putra Moammar Khadafy, Saif Al Islam, Selasa (23/8/2011) pagi, menyatakan, ayahnya berada di Tripoli dan dalam keadaan aman.

Moammar Khadafy sudah lama tidak tampil di depan publik dan keberadaannya tidak diketahui sejak pasukan pemberontak berhasil menerobos kota Tripoli yang merupakan benteng terakhir Khadafy, Minggu. Berbagai rumor dan spekulasi pun berkembang, antara lain bahwa ia telah meminta suaka ke Afrika Selatan. Namun, pihak Afrika Selatan telah membantah isu itu.

Saif Al Islam Khadafy, yang pada Senin kemarin dilaporkan telah ditangkap dan ditahan pihak pemberontak, muncul secara dramatis di jantung Tripoli semalam. CNN melaporkan, Saif muncul dalam sebuah konvoi Land Cruiser lapis baja, di bagian belakang sebuah hotel yang digunakan wartawan dan kru televisi, lebih dari sehari setelah pemberontak menyatakan bahwa mereka telah menangkapnya.

Menurut Daily Mail, dalam sebuah percakapan singkat, seorang wartawan bertanya kepada Saif apakah ayahnya aman dan berada di Tripoli? Ia menjawab, "Tentu saja." Dia menambahkan, "Kami telah mematahkan tulang punggung pemberontak. Itu sebuah perangkap. Kami membuat mereka berada dalam kesulitan, dan kami menang."

Hari Minggu, Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) menyatakan, arsitek berumur 39 tahun itu telah ditangkap dan ditahan. ICC telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Saif terkait tuduhan melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan. Namun, semalam, Saif tampil dengan pakaian kasual dan tampak santai serta percaya diri. Ia berseri-seri saat mengulurkan tangan untuk menyalami kerumunan pendukung. "Persetan dengan ICC," katanya terkait laporan mahkamah itu serta ancaman pengadilan atas dirinya.

Beberapa jam sebelumnya, Duta Besar Libya untuk Amerika Serikat juga mengatakan bahwa salah seorang putra Moammar Khadafy, yaitu Mohammad Khadafy, telah melarikan diri. Pasukan pemberontak kemarin menyatakan, Mohammad telah menyerahkan diri di Tripoli dan berada dalam tahanan rumah. Namun, pasukan yang loyal terhadap ayahnya telah membebaskan putra tertua Khadafy tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com