Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saif Khadafy Ternyata Masih Bebas

Kompas.com - 23/08/2011, 07:54 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com — Putra Moammar Khadafy, Saif al-Islam, ternyata masih bebas. Lelaki yang diburu Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) itu tidak berada di tangan pasukan pemberontak dan masih berada di Tripoli, seperti dilaporkan wartawan AFP, Selasa (23/8/2011).

Beberapa wartawan, termasuk koresponden AFP, menemui Saif berada di kompleks kediaman Khadafy di ibu kota Libya itu. "Saya membantah semua berita bohong," ujar Saif merujuk laporan tentang penahanannya.

Tiga jurnalis, termasuk dari AFP, dibawa dengan sebuah mobil ke kediaman Khadafy di Bab al-Aziziya oleh sejumlah utusan rezim tersebut.

Saif sendiri tiba dengan sebuah mobil di depan kompleks bangunan yang pernah dibom Amerika Serikat pada 1986 itu. Dia disambut puluhan pendukungnya yang melambai-lambaikan fotonya dan Khadafy serta bendera Libya.

Sebelumnya, jaksa penuntut ICC Luis Moreno-Ocampo mengatakan, lelaki 39 tahun itu ditahan dan diburu atas kejahatan kemanusiaan. "Kami berharap dia segera dibawa ke Den Haag untuk menghadapi pengadilan," ujar Moreno-Ocampo.

Pada saat yang sama, Moreno-Ocampo mengisyaratkan rencana menghubungi "pemerintah transisi Libya".

Saif bersama Khadafy dituduh mendalangi penumpasan pemberontakan di Libya dengan "segala cara", termasuk dengan membunuh ratusan demonstran dan melukai ratusan orang lainnya.

Selama ini, Saif dipandang sebagai calon utama penerus Khadafy untuk memimpin Libya. Dia juga disebut-sebut merupakan perdana menteri de facto dan orang paling berpengaruh di lingkaran dalam Khadafy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com