Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Ultah untuk Fidel Castro

Kompas.com - 13/08/2011, 23:24 WIB

HAVANA, KOMPAS.com — Kuba ingar-bingar menggelar pesta bagi pemimpin revolusinya sejak Selasa pekan lalu. Berpuncak pada Sabtu (13/8/2011), saat ikon negeri itu, Fidel Castro, genap berusia 85 tahun.

Tak hanya sajian konser-konser musik atau pementasan balet digelar, tetapi juga pameran-pameran kesenian untuk menghormati pemimpin yang telah memimpin negeri itu selama 50 tahun, sebelum kemudian menyerahkan kepada adiknya, Raul Castro, tahun 2006.

Salah satu acara puncak juga digelar pada Jumat malam lalu, dengan pementasan gala pesta serta lantunan lagu "Nyanyian Loyalitas" bagi sang pemimpin, di Teater Karl Marx, gedung pertunjukan yang berkapasitas terbesar untuk 5.000 orang di Havana, Kuba.

Fidel Castro tak muncul dalam rangkaian acara-acara yang digelar untuknya itu. Fidel memang semakin jarang muncul di depan publik. Terakhir, penampilannya terjadi bulan April lalu, pada saat partai berkuasa, Partai Komunis, menggelar kongres tahunannya ketika Raul Castro secara resmi menggantikan posisi Fidel sebagai pemimpin partai.

Semenjak itu, Fidel Castro hanya tertangkap muncul dalam rekaman video saat ia mengunjungi Presiden Venezuela, Hugo Chavez, yang tengah gering dan melakukan kemoterapi di Kuba karena penyakit kanker yang dideritanya.

"Kini memang Raul yang pegang kendali," ungkap Michael Shifter, salah satu pemikir soal Dialog Antar-Amerika yang berbasis di Washington, kepada AFP. "Fidel memberinya (Raul) kekuasaan untuk ambil keputusan, tetapi ia juga membatasi, terutama untuk upaya reformasi yang berjalan lambat ke depan, dengan ekstrahati-hati," ungkap pengamat ini pula.

Raul, yang genap berusia 80 tahun pada Juni mendatang, memang tengah mengembuskan upaya reformasi melalui kebijakan ekonominya yang terpusat, yang diharapkan akan mendorong bisnis-bisnis swasta kecil berkembang di tengah birokrasi yang masif di negeri itu.

Perayaan pesta untuk Fidel Castro di Kuba ini bergulir saat Amerika Latin tengah tengah mengayun bandulnya ke arah kiri, saat gelombang pemerintahan kiri yang progresif berkembang di belahan benua ini, mulai dari Argentina sampai Nikaragua.

Ada kemungkinan, Chavez—pemimpin Venezuela yang disebut-sebut sebagai "pewaris Castro" di Amerika Latin saat ini—akan muncul dalam Festival Havana dalam rangka ultah Fidel Castro saat ini.

Fidel Castro, yang lahir di Kuba pada 13 Agustus 1926, saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menulis buku berisi refleksi isu-isu internasional di matanya. Sampai saat ini, ia sudah menghasilkan karya tulis sebanyak 361 judul dari kediamannya di bagian barat Havana bersama istrinya, Dalia Soto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com