Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Uji Coba Pendaratan Pesawat

Kompas.com - 13/08/2011, 12:42 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Militer China, Sabtu (13/8/2011), berencana melakukan latihan pendaratan pesawat udara di kapal induk pertamanya, kata media pemerintah, Sabtu. Latihan itu melibatkan pendekatan pesawat ke kapal itu, mendarat, dan kemudian segera lepas landas lagi, kata surat kabar Global Times, mengutip satu sumber militer yang terlibat dalam latihan pendaratan itu.     

Kapal induk itu melakukan uji coba pelayaran pada Rabu. Hal itu memicu Amerika Serikat meminta penjelasan di tengah-tengah kekhawatiran tentang perluasan militer negara itu.     

Beijing belum lama ini hanya menegaskan bahwa pihaknya sedang mengubah sebuah kapal tua Soviet menjadi kapal induk pertamanya dan tidak menghiraukan kemampuan kapal itu, dengan mengatakan kapal itu terutama akan digunakan untuk latihan dan "riset".     

Global Times memberitakan, larangan radio telah diberlakukan di satu zona militer lepas pantai Provinsi Liaoning timur laut negara itu tempat kapal tersebut berlabuh.     

Pesawat-pesawat yang digunakan untuk latihan itu adalah Shenyang J-15, versi China untuk Sukhoi Su-33 Flanker Rusia, tambah media itu.     

Kementerian Pertahanan di Beijing menolak mengonfirmasikan apakah pelatihan itu dilakukan Sabtu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com