Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusuh London Utara Diwarnai Penjarahan

Kompas.com - 07/08/2011, 10:41 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Kerusuhan pecah di Tottenham, London Utara, sejak Sabtu (6/8/2011) hingga Minggu ini. Polisi sibuk menenangkan massa yang membakar mobil polisi, van, bus dan gedung, serta melakukan penjarahan di berbagai sudut kota.

Beberapa mobil patroli polisi dan bus dua tingkat dibakar saat ratusan orang mengamuk di luar kantor polisi di Tottenham High Road. Di bawah tembakan, polisi antihuru hara dan polisi lain berjuang mengendalikan keadaan di jalan sementara petugas pemadam bergegas untuk menangani gedung yang terbakar.

Perusuh menendangi kaca jendela di High Road saat toko dijarah, dan orang terlihat mendorong kereta belanja yang dipenuhi barang. Kerusuhan tersebut menyebar ke jalan permukiman di sekitar High Road, tempat beberapa mobil van juga dibakar.

Kerusuhan Sabtu malam hingga Minggu ini adalah yang paling parah dalam beberapa tahun di pinggiran ibu kota Inggris itu. Kerusuhan tersebut terjadi saat demonstrasi massa yang protes terhadap tewasnya seorang penumpang mobil mini karena terkena peluru polisi pada Kamis (4/8/2011), dalam sebuah baku tembak. Mark Duggan (29), ayah empat anak, meninggal di tempat kejadian.

Tottenham adalah daerah kota dengan banyak etnik. Di daerah inilah asal klub sepak bola Liga Premier Inggris, Tottenham Hotspur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com