Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utang AS Lampaui PDB

Kompas.com - 04/08/2011, 10:24 WIB

 

WASHINGTON, KOMPAS.com- Utang Amerika Serikat naik 238 miliar dollar AS setelah pagu utang pemerintah dinaikkan. Selasa (2/8/2011) lalu Departemen Keuangan harus menambah utang lebih dari 200 miliar dollar AS yang merupakan bagian dari komitmen penambahan pagu utang. Jumlah ini naik segera setelah Obama menandatangani kesepakatan yang telah diloloskan Senat AS.

Pagu utang AS langsung dinaikkan sebesar 400 miliar dollar AS pada Selasa lalu dan akan terus naik bertahap selama 18 bulan. Dengan adanya utang baru ini, total utang AS menjadi 14,58 triliun dollar AS, berarti melampaui produk domestik bruto tahun anggaran 2010 yang hanya 14,53 triliun dollar AS.

Dengan terlampauinya utang atas PDB itu, AS masuk kelompok negara berutang besar seperti Jepang (229 persen dari PDB), Yunani (152 persen), Jamaika (137 persen), Italia (120 persen), Irlandia (114 persen), dan Islandia (103 persen).

Terakhir kali utang AS melampaui PDB tahun 1947, setelah Perang Dunia II. Pada tahun 1981, utangnya turun menjadi 32,5 persen dari PDB.

Lembaga pemeringkat kredit telah memperingatkan agar AS menurunkan rasio utang terhadap PDB dengan cepat atau akan kehilangan peringkat utang AAA. Peringkat utang AAA merupakan peringkat yang tertinggi dan tidak banyak negara yang memiliki peringkat utang seperti ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com