Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Induk China Dibuka Untuk Publik

Kompas.com - 03/08/2011, 10:34 WIB

DA LIAN, KOMPAS.com- Kapal induk pertama China eks Varyag milik Ukraina, dibuka untuk kunjungan publik, Rabu (3/8/2011) di Pelabuhan Da Lian, dekat semenanjung Korea. Situs berita wantchinatimes memberitakan, warga China antusias mengunjungi kapal induk yang menjadi simbol kebangkitan maritim China sejak ekspedisi raksasa Zheng He tahun 1400-an silam.

Sedangkan media Global Times mengutip juru bicara Kementerian Pertahanan menjelaskan, kapal induk itu akan digunakan untuk kepentingan pelatihan dan kegiatan ilmiah. Pada tahun 1993, Varyag dibangun untuk memperkuat Armada Pasifik Uni Soviet di Wladivostok tidak jauh dari Da Lian. Pecahnya Uni Soviet membatalkan rencana tersebut. Varyag nyaris menjadi besi tua.

Sebuah perusahaan China membeli Varyag dalam sebuah lelang senilai US$ 20 juta (Rp 18 miliar) di tahun 1998. Persoalan timbul karena pemerintah Turki melarang kapal induk itu berlayar melalui Selat Bosporus. Pemerintah Turki menyatakan, kapal induk yang melintas dapat merusak jalur laut yang sempit.

China adalah satu-satunya anggota Dewan Keamanan PBB yang tidak memiliki kapal induk hingga Varyag dibeli. Debut kapal induk China menimbulkan rangkaian pertanyaan tentang potensi ancaman militer di kawasan. Selain kapal induk eks-Varyag, China akan memiliki dua kapal induk baru tahun depan. (Wantchinatimes/Global Times)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com