Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Arab, Ramadhan Dimulai Besok

Kompas.com - 31/07/2011, 11:37 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Bulan suci Ramadhan dimulai Senin (1/8) di Arab Saudi, Mesir, Kuwait, Qatar, Yaman dan Uni Emirat Arab, demikian pengumuman resmi keenam negara tersebut.

Stasiun televisi Arab Saudi Al-Ekhbariya menyatakan Ramadhan dimulai pada Senin di kerajaan itu, tempat dua kota suci umat Muslim --Makkah dan Madinah-- sebab hilal tak terlihat pada Sabtu (30/7/2011).

Tanggal pasti awal dan akhir Ramadhan ditentukan berdasarkan Ru’yat, melihat hilal --bulan baru, sebab banyak negara Muslim tak menggunakan penghitungan kalendar, hisab. Seandainya hilal terlihat pada Sabtu, maka awal Ramadhan dimulai Minggu (31/7/2011).

Ramadhan juga dimulai pada Senin di Mesir, Kuwait, Qatar, Yaman dan Uni Emirat Arab, demikian laporan AFP, yang dipantau Antara di Jakarta, Minggu..

Umat Muslim mengerjakan puasa selama Ramadhan, saat Malaikat Jibril membawa wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW. Sepanjang bulan suci itu, umat Muslim tidak makan, minum dan berjima dari fajar hingga Matahari terbenam, saat mereka berbuka puasa.

Puasa adalah salah satu dari Rukun Agama Islam, bersama dengan mengucapkan Syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat dan mengerjakan Haji bagi yang mampu.

Cuaca panas di negara Teluk dan lamanya waktu siang hari membuat Ramadhan pada Agustus menjadi ibadah penuh cobaan bagi umat Muslim di Jazirah Arab tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com