Sabtu, 19 April 2014

News / Internasional

Di Arab, Ramadhan Dimulai Besok

Minggu, 31 Juli 2011 | 11:37 WIB

Baca juga

RIYADH, KOMPAS.com - Bulan suci Ramadhan dimulai Senin (1/8) di Arab Saudi, Mesir, Kuwait, Qatar, Yaman dan Uni Emirat Arab, demikian pengumuman resmi keenam negara tersebut.

Stasiun televisi Arab Saudi Al-Ekhbariya menyatakan Ramadhan dimulai pada Senin di kerajaan itu, tempat dua kota suci umat Muslim --Makkah dan Madinah-- sebab hilal tak terlihat pada Sabtu (30/7/2011).

Tanggal pasti awal dan akhir Ramadhan ditentukan berdasarkan Ru’yat, melihat hilal --bulan baru, sebab banyak negara Muslim tak menggunakan penghitungan kalendar, hisab. Seandainya hilal terlihat pada Sabtu, maka awal Ramadhan dimulai Minggu (31/7/2011).

Ramadhan juga dimulai pada Senin di Mesir, Kuwait, Qatar, Yaman dan Uni Emirat Arab, demikian laporan AFP, yang dipantau Antara di Jakarta, Minggu..

Umat Muslim mengerjakan puasa selama Ramadhan, saat Malaikat Jibril membawa wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW. Sepanjang bulan suci itu, umat Muslim tidak makan, minum dan berjima dari fajar hingga Matahari terbenam, saat mereka berbuka puasa.

Puasa adalah salah satu dari Rukun Agama Islam, bersama dengan mengucapkan Syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat dan mengerjakan Haji bagi yang mampu.

Cuaca panas di negara Teluk dan lamanya waktu siang hari membuat Ramadhan pada Agustus menjadi ibadah penuh cobaan bagi umat Muslim di Jazirah Arab tahun ini.


Editor : Kistyarini
Sumber: