Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akshat, Bocah Berjari 34

Kompas.com - 26/07/2011, 07:47 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Namanya Akshat Saxena. Bocah lelaki berusia satu tahun itu mencatatkan namanya dalam Guinness World Records sebagai pemilik jari terbanyak karena dia memiliki total 34 jari pada tangan dan kakinya.

Akshat tercatat memiliki tujuh jari pada masing-masing tangannya dan 10 jari pada setiap kakinya. Jadi totalnya 34 jari.

"Saya gembira sekali waktu dia lahir sebab dia putra pertama kami," kata ibunya, Amrita Saxena, yang tinggal di wilayah Uttar Pradesh, India, itu.

"Tetapi waktu melihat jari-jarinya, saya kaget sekali," ujarnya.

Menurut Nyonya Saxena, ada kerabatnya yang membesarkan hatinya dan mengatakan Akshat adalah anak yang sangat istimewa.

"Dia membaca di internet tentang bayi yang dilahirkan dengan 31 jari. Jadi bayi saya memecahkan rekor karena mempunyai 34 jari," tutur sang ibu.

Meskipun Amrita Saxena tidak yakin soal urusan rekor dunia, suami dan adik perempuannya, serta kerabatnya itu mendaftarkan Akshat ke Guinness World Records melalui internet.

Kondisi seperti yang dialami Akshat disebut polydactyly, sebuah kelainan genetik yang bisa diturunkan.

Kini Akshat harus menjalani serangkaian operasi rekonstruksi untuk jari-jarinya. Salah satunya untuk membentuk jempol karena dia sama sekali tidak memiliki jempol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com