Minggu, 26 Oktober 2014

News /

Jadwal Pertandingan Ditunda

Minggu, 24 Juli 2011 | 03:06 WIB

Oslo, sabtu - Federasi Sepak Bola Norwegia membatalkan seluruh jadwal pertandingan liga pada akhir pekan ini menyusul tragedi bom dan penembakan di lokasi perkemahan Pulau Utoeya yang menewaskan sedikitnya 91 orang. NFF menunda seluruh jadwal pertandingan liga profesional dengan alasan keamanan dan semua laga yang ditunda akan dijadwal ulang pada minggu depan.

”Sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh pihak yang menderita karena tragedi itu, NFF memutuskan menunda jadwal pertandingan,” tulis NFF dalam pernyataan sikapnya, Sabtu (23/7).

Dalam pernyataannya, NFF menyebutkan, pemerintah lokal dan pelaksana pertandingan bisa melaksanakan atau menunda pertandingan amatir. Pertandingan yang ditunda dijadwal ulang pada minggu depan.

Liga Primer Norwegia yang diikuti 16 klub saat ini memasuki pertandingan ke-15 dan 16. Pimpinan klasemen adalah Molde FK dengan 32 poin.

Sementara tim yang populer di kancah Eropa, Rosenborg, masih tertahan di peringkat kesembilan dengan nilai 22 dari 15 kali laga. Rosenborg juga menjalani putaran ketiga kualifikasi Liga Champions.

Klub-klub Norwegia lebih banyak yang tampil di Liga Europa. Apalagi mereka musim ini mendapat tambahan jatah klub yang bisa ikut kualifikasi Liga Europa karena menjadi negara paling menjunjung tinggi aspek sportivitas versi Badan Sepak Bola Eropa (UEFA).

UEFA menetapkan Norwegia sebagai juara Respect Fair Play dan mendapat tambahan satu klub yang bisa ikut kualifikasi Liga Europa. Inggris dan Swedia juga mendapat tambahan kuota klub karena perilaku dan sikap tim-tim mereka selama berkompetisi di level UEFA. Inggris di peringkat kedua dan Swedia di posisi ketiga.

Penilaian itu berlangsung selama periode 1 Mei 2010 hingga 30 April 2011. Faktor penilaian meliputi pertandingan yang positif, menghormati wasit, serta perilaku suporter dan tim ofisial.

Klub yang berhak mengambil tambahan kuota itu adalah klub yang memenangi aspek fair play di kompetisi domestik. Jika tim paling fair play sudah lolos ke Liga Europa, maka yang berhak adalah yang klub peringkat di bawahnya, demikian seterusnya.

UEFA juga memberikan kesempatan bagi klub fair play, tetapi terdegradasi, untuk ikut kualifikasi Liga Europa sebagai penghargaan atas sikap yang bisa menjadi teladan dalam pertandingan.

Penundaan di Turki

Federasi Sepak Bola Turki juga menunda jadwal pertandingan Piala Super Turki antara juara liga Fenerbahce dan juara Piala Turki Besiktas. Alasan penundaan itu karena sedang ada penyelidikan mengenai pengaturan pertandingan yang menyangkut sejumlah petinggi klub-klub besar di liga.

Ketua Federasi Sepak Bola Turki Mehmet Ali Aydinlar mengatakan, pihaknya berharap mendapat dokumen investigasi dari penyidik terkait tuduhan itu pada Rabu. Berdasarkan dokumen itu, federasi dapat menentukan kapan musim kompetisi yang baru akan dimulai.

”Pertandingan Piala Super pada 31 Juli antara Fenerbahce dan Besiktas telah ditunda,” ujar Aydinlar tanpa menjelaskan kapan pertandingan selanjutnya akan digelar.

Liga Turki biasanya dimulai pada 5 Agustus, tetapi penundaan merupakan salah satu pilihan terbuka bagi federasi sebagai respons terhadap tuduhan serius soal pengaturan pertandingan.

Fenerbahce adalah salah satu klub yang menjadi pusat penyelidikan polisi. Juara liga itu juga dijadwalkan bertanding di Liga Champions bersama peringkat kedua Trabzonspor.

Jika terbukti terlibat pengaturan pertandingan, Federasi Sepak Bola Turki memiliki kewenangan untuk mengeluarkan klub dari kompetisi atau mendegradasi klub tersebut.  (Reuters/AFP/UEFA/ANG)


Editor :