Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmad, Adik Presiden Afghanistan Dibunuh

Kompas.com - 12/07/2011, 19:22 WIB

KANDAHAR, KOMPAS.com - Ahmad Wali Karzai, saudara kandung Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan salah satu dari orang paling berkuasa di Afghanistan selatan, dibunuh pada Selasa (12/7/2011). Diduga, pembunuhan Ahmad Karzai didalangi oleh salah satu pengawal pribadinya, demikian dikatakan para pejabat.

"Saya menegaskan bahwa Ahmad Wali dibunuh di dalam rumahnya," kata Zalmay Ayoubi, juru bicara gubernur provinsi Kandahar, di mana Ahmad Wali Karzai tinggal dan sebagai kepala dewan provinsi.

Abdul Sayedzada Ghafar, kepala departemen kontra-terorisme di Kementerian Dalam Negeri mengatakan, pembunuhan itu mungkin perbuatan seseorang dari dalam lingkaran Ahmad Wali Karzai.

"Tampaknya Ahmad Wali Karzai telah dibunuh oleh salah seorang pengawal, dan tidak ada seorang pun dari luar yang terlibat," katanya.

Ahmad Karzai beberapa kali lolos dari upaya pembunuhan dalam beberapa tahun belakangan ini. Sebagai saudara presiden, Ahmad Karzai dikenal merupakan broker-kekuasaan penting, yang membantu menopang pengaruh saudaranya di Afghanistan selatan.

Dia juga dituduh korupsi dan punya hubungan dengan perdagangan besar opium Afghanistan, yang membantu mendanai pemberontakan Taliban. Tetapi Ahmad Wali Karzai membantah tuduhan itu.

PBB mengatakan dalam laporan per kuartal terbaru, lebih dari setengah kasus pembunuhan yang terjadi di seluruh Afghanistan sejak Maret, berada di Kandahar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com