Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palestina Serukan Embargo Senjata pada Israel

Kompas.com - 09/07/2011, 13:32 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Koalisi kelompok politik, serikat buruh dan lembaga swadaya masyarakat Palestina yang didukung oleh beberapa penerima hadial Nobel dari luar negeri Jumat (8/7/2011), menyerukan embargo senjata terhadap Israel.

"Embargo militer komprehensif terhadap Israel telah lama ditunggu," demikian pernyataan dari Komite Nasional Pemboikotan, Pembebasan Perdagangan dan Sanksi Palestina (Palestinian Boycott, Divestment and Sanctions National Committee).

"Hal itu merupakan langkah sangat penting ke arah diakhirinya penggunaan tak sah dan jahat kekuatan militer terhadap rakyat Palestina serta rakyat dan negara lain di kawasan itu dan akan merupakan tindakan tanpa kekerasan, efektif untuk menekan Israel agar memenuhi kewajibannya menurut hukum internasional," katanya.

Seruan itu dikeluarkan bertepatan dengan ulang tahun ke-7 putusan oleh Mahkamah Internasional bahwa tembok pemisah di Tepi Barat oleh Israel adalah tidak sah. Putusan itu dikeluarkan pada 9 Juli 2004.

Pernyataan itu mengatakan bahwa seruan embargo itu didukung oleh penerima hadiah Nobel Desmond Tutu, Mairead Maguire dan Adolfo Perez Esquivel serta oleh penulis dan aktivis sosial Kanada Naomi Klein.

"Saya mendukung seruan pada embargo senjata itu kareka kami menginginkan perdamaian dan keadilan bagi Palestina dan Israel melalui cara tanpa kekerasan," kata Tutu sebagaimana dikutip media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com