Sabtu, 29 Agustus 2015

Internasional

Harta Karun Ditemukan di Kuil India

Selasa, 5 Juli 2011 | 07:09 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com--Harta karun yang terdiri atas perhiasan dan perak emas, koin dan batu mulia yang dikatakan bernilai miliaran dolar AS telah ditemukan di satu kuil Hindu di India selatan, kata beberapa pejabat, Sabtu (2/7).

Barang berharga itu menurut perkiraan awal bernilai lebih dari 500 miliar rupee India (11,2 miliar dolar AS), kata Kepala Menteri Kerala K. Jayakumar, sehingga mencuatkan kuil tersebut ke dalam liga kuil paling kaya di India.

Ribuan kalung, koin dan batu berharga telah disimpan di sedikitnya lima makam bawah tanah di Kuil Stee Padmanabhaswamy, yang terkenal karena patungnya yang unik.

"Kami akan membuka salah satu kamar rahasia lain yang belum dibuka selama hampir 140 tahun," kata Jayakumar kepada AFP --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ahad.

Nilai sesungguhnya harta karun tersebut hanya dapat dipastikan setelah semuanya diperiksa oleh departemen arkeologi, kata Jayakumar.

Kuil itu, yang didedikasikan untuk dewa Wishnu dalam agama Hindu, dibangun ratusan tahun lalu oleh Raja Travancore dan sumbangan dari pengikutnya telah disimpan di beberapa ruang di kuil tersebut sejak itu.

Satu kalung yang ditemukan Kamis (30/6) memiliki panjang enam meter. Ribuan koin emas juga telah ditemukan.

Sejak India memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1947, satu yayasan yang dikelola oleh keturunan keluarga raja Travancore telah menguasai kuil tersebut.

Tapi Mahkamah Agung India baru-baru ini mengeluarkan perintah agar kuil itu dikelola oleh negara guna menjamin keamanan semua barang berharga di tempat suci tersebut.

Setakat ini, kuil Thirupathy di negara bagian India selatan, Andhra Pradesh, diduga sebagai kuil paling kaya di India dengan sumbangan dari penganutnya bernilai 320 miliar rupee India.

Pengungkapan mengenai kekayaan luar biasa di kuil Padmanabhaswamy telah membuat polisi untuk memasang alarm dan kamera keamanan dengan kemampuan canggih.

Pemerintah juga berencana menempatkan pasukan keamanan untuk keamanan, kata Direktur Jenderal Kepolisian Kerala Jacob Punnose.

"Karena sekarang diketahui di seluruh dunia bahwa kuil Padmanabhaswamy memiliki perhiasan yang bernilai miliaran rupee, maka kami telah memutuskan untuk menempatkannya dalam pengamanan maksimal," kata Kepala Menteri Kerala Oommen Chandy kepada AFP.

Editor : Jodhi Yudono
Sumber: