Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Era Globalisasi adalah Era Demokrasi

Kompas.com - 01/07/2011, 22:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Perancis François Fillon mengungkapkan bahwa era globalisasi bukan hanya sekadar era yang terkait dengan pasar bebas dan kebebasan untuk memperkaya negara masing-masing, melainkan era globalisasi adalah era ketika hak asasi manusia dan demokrasi dijunjung tinggi.

"Tidak hanya berkaitan dengan uang. Era globalisasi memiliki makna yang dalam daripada sekadar pasar bebas atau kebebasan yang tidak berarah," ungkap Fillon saat memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia, Depok, Jumat (1/7/2011).

Menurut dia, negara yang dapat menerapkan makna era globalisasi dengan baik akan mampu mengembangkan ekonomi negaranya.

Ia menambahkan, lembaga-lembaga demokratis yang dikembangkan di Indonesia berpengaruh positif pada perkembangan ekonomi yang pesat dan berkelanjutan. Tahun ini saja perkembangan ekonomi Indonesia meningkat lebih dari 6,5 persen.

"Diramalkan peningkatan ekonomi ini akan bertambah lagi dalam 10 tahun mendatang," ungkap Fillon.

Sejauh ini perkembangan ekonomi ini bertumpu pada produksi yang beragam dan pada penekanan teknologi, misalnya diperlihatkan dari pembuatan suku cadang pesawat Airbus di Bandung yang kemudian dikirim ke Hambourg dan Toulouse.

Tidak hanya itu, kabinet listrik yang terdapat di tiap kereta api supercepat Perancis atau Train á Grande Vitesse (TGV) ternyata diproduksi di Jakarta.

Selama upaya untuk demokrasi terus dijalankan, sudah barang tentu perkembangan ekonomi di Indonesia juga tidak akan terputus. Kendati demikian, perkembangan ekonomi ini harus diturunkan untuk pembangunan dan upaya pengentasan kemiskinan.

"Saya yakin Indonesia akan berhasil dengan menggabungkan pola demokrasi, peningkatan, dan perkembangan sosial dalam penanganan efek globalisasi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com