Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen OKI: Mari Akui Negara Palestina

Kompas.com - 30/06/2011, 10:21 WIB

ASTANA, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (sebelumnya Organisasi Negara-negara Islam/OKI) Ekmeleddin Ihsanoglu mengadakan sejumlah pertemuan bilateral sepanjang hari kedua Sidang ke-38 Dewan Menteri Luar Negeri (CFM) anggota OKI di Astana, Kazakhstan, dan mengajak masyarakat internasional memberikan pengakuan negara Palestina.

Pertemuan yang dilakukan antara lain dengan kepala delegasi dari anggota dan bukan anggota OKI, seperti Maroko, Sierra Leone, Suriname, Somalia, dan Kirgistan, di samping Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd, Baroness Warsi Sayeda dari Inggris, dan utusan khusus Amerika Serikat untuk OKI Rasyad Hussein.

"Pembicaraan bilateral tersebut difokuskan untuk mendukung program OKI dan memobilisasi dukungan untuk pengakuan negara Palestina di Majelis Umum PBB pada bulan September mendatang," ujar Ihsanoglu di Astana, Kamis (30/6/2011).

Pembicaraan lainnya dilakukan untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara OKI dan negara masing-masing. Sidang ke-38 Dewan Menteri Luar Negeri OKI yang dibuka pada 28 Juni 2011 di Astana, ibu kota Republik Kazakhstan, akan ditutup pada hari ini.

Pertemuan ke-38 menteri luar negeri Organisasi Konferensi Islam (OKI) dimulai di Astana, ibu kota Kazakhstan, Selasa (28/6/2011) pagi, dengan partisipasi Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi.

Perwakilan dari sejumlah negara Arab, negara-negara Afrika dan Asia dalam pidato pembukaan menyerukan persatuan di antara negara-negara anggota OKI dalam memecahkan masalah yang mengganggu dunia Islam dan komunitas Muslim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com