Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leon Panetta Jadi Menhan AS

Kompas.com - 22/06/2011, 07:58 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Senat Amerika Serikat (AS), Selasa (21/6/2011), dengan suara bulat memutuskan untuk mengesahkan kepala Badan Intelijen Pusat (CIA) Leon Panetta, yang akan mengakhiri masa tugas, sebagai menteri pertahahan yang baru, menggantikan Robert Gates yang akan pensiun.

Panetta, yang telah memegang berbagai jabatan senior di Washington selama beberapa dasawarsa, telah dicalonkan Presiden Barack Obama untuk memimpin Pentagon. Panetta diperkirakan akan memulai jabatan barunya pada 1 Juli mendatang.

Suara setuju 100 berbanding 0 yang jarang terjadi itu menyusul perdebatan tentang kegelisahan sekitar tantangan yang akan ia hadapi untuk menekan anggaran pertahanan lebih rendah dan mengawasi penarikan tentara AS dari Afganistan. Penarikan tentara akan dimulai bulan depan dan Obama diperkirakan akan menyampaikan sebuah cetak biru untuk penarikan itu dalam pidato pada hari Rabu ini.

Panetta seorang Demokrat yang pernah menjadi direktur anggaran pada masa mantan presiden Bill Clinton dan membantu membuat keputusan-keputusan yang menghasilkan surplus anggaran pada akhir 1990-an. Awal bulan ini, Panetta mengatakan pada Konggres bahwa ia akan menjamin disiplin fiskal dalam militer AS. Ia mengatakan, hari-hari anggaran pertahanan "tak terbatas" telah berakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com