Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BP3 Trowulan Identifikasi Arca Kediri

Kompas.com - 21/06/2011, 12:25 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto mulai menindaklanjuti penemuan arca di Kediri, Jawa Timur. Mereka mengumpulkan data guna mengidentifikasi jenis arca tersebut.

Kepala BP3 Trowulan, Aris Soviyani mengatakan, Senin (20/6/2011), pihaknya mengirimkan dua orang untuk mengecek keberadaan arca yang ditemukan di samping sumber mata air Sendang Kembar, Desa Gayam, Kecamatan Mojoroto itu.

"Kita kirimkan seorang arkeolog dan staf. Selain itu juga didampingi Kepala Polsek serta perangkat desa setempat," kata Aris yang dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (21/6/2011).

Hasilnya, dua arca tersebut memang merupakan benda cagar budaya. Satu diidentifikasi sebagai patung Ganesha, satu lagi tidak dapat dikenali karena sudah tidak utuh lagi. " Kondisinya sudah patah dan aus, yang tertinggal cuma kaki. Jadi istilahnya "arca tokoh" karena belum dapat diidentifikasi," lanjut Aris.

Selain dua arca yang menurut warga ditemukan dalam bongkahan batang pohon beringin yang sudah lapuk itu, petugas juga menemukan dua batu lainnya, yaitu batu dakon dan batu lapis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com