Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Gillard "Ditodong" Aktivis Gay

Kompas.com - 16/06/2011, 15:05 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Beberapa pasangan sejenis akan mencoba mengubah pandangan Perdana Menteri Australia Julia Gillard soal pernikahan sejenis setelah kelompok aktivis gay dan lesbian memenangi lelang amal untuk menghadiri jamuan makan malam di kediamannya.

Gillard menawarkan diri menjadi tuan rumah jamuan makan malam untuk enam tamu dalam acara amal tahunan National Press Gallery, Rabu (15/6/2011) malam. Ternyata lelang itu dimenangi oleh kelompok aktivis gay dan lesbian GetUP!, yang menawar hingga harga 31.000 dollar Australia (Rp 280 juta).

Juru bicara GetUP!, Paul Mackay, berharap dalam jamuan makan itu pihaknya bisa mengubah pandangan Gillard dan Partai Buruh yang dipimpinnya sehingga mengubah kebijakan tentang pernikahan gay.

GetUP! kini gencar mendesak pemerintah agar mengakui pernikahan sesama jenis di Australia. Organisasi ini berencana menggelar konferensi tahunan nasional akhir tahun ini.

Amandemen undang-undang federal pada 2004 menyatakan bahwa pernikahan yang diakui di Australia adalah antara perempuan dan laki-laki.

Julia Gillard, yang tidak pernah menikah, merupakan perdana menteri pertama Australia yang hidup tanpa menikah dengan pasangannya. Keduanya tinggal di kediaman resmi PM yang biasa disebut The Lodge. Gillard juga menentang pernikahan sesama jenis.

"Dia yang paling sulit diubah, bukan karena pilihannya tentang pernikahan, tetapi karena dia secara tegas menyatakan tidak percaya pada persamaan pernikahan untuk sejumlah alasan," kata Mackay.

Mackay memang tidak yakin satu jamuan makan malam bisa memutarbalikkan pandangan Gillard tentang pernikahan gay. "Setelah sedikit basa-basi, baru masuk maksud dan tujuan kami," kata Mackay.

Jamuan makan malam itu akan diadakan dalam 16 hari ke depan. Tanggalnya disesuaikan dengan jadwal PM Gillard.

Belum ada tanggapan dari pihak Gillard tentang hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com