Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Patung Amenhotep III Ditemukan

Kompas.com - 08/06/2011, 00:00 WIB

KOMPAS.com - Menteri Purbakala Mesir pada akhir Mei 2011 lalu mengumumkan penemuan patung Amenhotep III, kakek Raja Tut, setelah tahun lalu terlebih dahulu menemukan patung serupa. Patung yang terbuat dari pualam itu ditemukan di daerah Kom el-Hettan, di tepi barat Luxor.

Berbeda dengan patung pasangannya, Amenhotep III pada patung ini digambarkan berada dalam posisi duduk dan memakai hiasan kepala Nemes, rok lipit, dan janggut kerajaan. Para arkeolog memperkirakan letak patung di tepi jalan yang menuju gerbang ketiga dari kuil penguburan, sekitar 200 meter di belakang Clossi of Memnon yang jadi penjaga gerbang pertama.

Zahi Hawass menjelaskan dalam blognya, patung ini merupakan pasangan dari Colossi yang berada di sebelah utara yang dahulu ditempatkan di gerbang ketiga. Pada penggalian sebelumnya telah ditemukan bagian belakang singgasana dari kedua patung tersebut.

Hawass juga memperkirakan, kedua patung runtuh saat terjadi gempa bumi pada zaman kuno. Beberapa bagian dari patung tersebut masih dapat terlihat pada lapisan sedimen, sedangkan bagian lainnya akan segera disingkap secara bertahap agar kondisinya tetap terjaga. Setelah seluruh proses ekskavasi selesai, patung itu akan ditempatkan kembali di posisinya semula.

Temuan arkeologis ini menambah informasi tentang Raja Tutankhamen, raja cilik yang memerintah Mesir pada 1333 sampai 1324 Sebelum Masehi, periode yang dikenal dalam sejarah Mesir kuno sebagai Kerajaan Baru. (National Geographic Indonesia/Agung Dwi Cahyadi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com