Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditembaki Polisi, 63 Demonstran Tewas

Kompas.com - 04/06/2011, 09:38 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com — Aparat keamanan Suriah menewaskan setidaknya 63 warga sipil dalam demonstrasi yang berlangsung di beberapa kota negara itu, Jumat (3/6/2011), seperti diungkap Swasiah, lembaga hak asasi manusia (HAM) Suriah.

Para pengunjuk rasa turun ke jalan seusai shalat Jumat di Hama, Damaskus, Rastan, Homs, Madaya, dan Zabadani.

Aparat dan para penembak jitu (sniper) menembaki puluhan ribu demonstran di Hama. Di kota itu 29 tahun lalu, Presiden Hafez al-Assad, ayah presiden saat ini Bashar al-Assad, menumpas revolusi yang menewaskan 30.000 orang.

"Tembakan diawali dari atap-atap gedung. Saya melihat sejumlah orang tumbang di lapangan Assi, di jalan, dan gang-gang. Darah ada di mana-mana," kata saksi mata yang mengaku bernama Omar.

"Ini pembantaian. Orang-orang berlarian dan berteriak. Kami lari ke rumah-rumah dan bersembunyi di sana sampai tembakan berhenti," kata saksi mata lain.

Sementara itu di Daraa, kota tempat gerakan revolusi diawali, ratusan orang melawan jam malam dengan menggelar demonstrasi. Mereka meneriakkan "Tidak ada dialog dengan pembunuh." Aksi itu dibubarkan kemudian.

"Puluhan ribu orang turun ke jalan di Hama dan Idlib dalam sebuah demonstrasi terbesar sejak revolusi dimulai. Ini reaksi wajar terhadap pembunuhan dan ketidakseriusan rezim ini dalam upaya rekonsiliasi," kata Rami Abdulrahman dari Syrian Observatory for Human Rights.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com