Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soyuz Mendarat, Tinggalkan Endeavour

Kompas.com - 24/05/2011, 15:34 WIB

KOMPAS.com — Kapsul antariksa Soyuz TMA 20 milik Rusia sukses mendarat di Kazakhstan, Selasa (24/5/2011) pukul 06.27 waktu setempat atau pukul 09.25 WIB. Kapsul antariksa itu membawa komandan misi Dmitry Kondratyev; astronot asal Italia, Paolo Nespoli; dan astronot NASA, Cady Coleman; setelah menjalankan misi di International Space Station (ISS) selama 159 hari.

Soyuz TMA 20 berangkat dari ISS pada Senin pukul 21.35 GMT atau Selasa pukul 04.35 WIB. Soyuz TMA 20 meninggalkan pesawat ulang alik Endeavour yang saat ini masih parkir di ISS bersama astronotnya. Para astronot Endeavour masih harus melakukan dua kali misi spacewalk dan riset hingga 1 Juni 2011.

Sebelum mendarat, Nespoli sempat mengambil foto Endeavour dan ISS. Pengambilan foto ini sengaja dilakukan untuk mengabadikan momen yang tak mungkin terjadi lagi. Pertama, momen ketika Soyuz akan melakukan pendaratan, tetapi Endeavour masih parkir di ISS dan, kedua, adalah momen misi terakhir Endeavour.

Nespoli mengambil foto dari jarak 200 meter. Untuk membantu Nespoli mengambil gambar, ISS sempat dirotasikan 129 derajat. Rencananya foto akan dipublikasikan besok. Foto itu akan memperlihatkan Endeavour dan ISS dengan latar belakang Bumi. Menurut NASA, gambar ini lebih untuk kepentingan insinyur NASA daripada artistik.

Pengambilan foto pesawat ulang alik di ISS tergolong langka. Pesawat ulang alik yang terakhir dijepret di ISS adalah Discovery, diabadikan oleh astronot Rusia tahun 1995. Discovery diabadikan saat akan meninggalkan stasiun luar angkasa MIR.

Pendaratan Soyuz kali ini menandai berakhirnya Expedition 27. Misi penerbangan ke ISS dengan Soyuz selanjutnya akan dilakukan pada 7 Juni 2011 mendatang. Sementara setelah misi Endeavour berakhir, NASA hanya memiliki satu lagi misi penerbangan ke ISS, yakni dengan Atlantis. Misi itu menandai berakhirnya era penerbangan pesawat ulang alik AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com