Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umur Seabad, Villaverde Luncurkan Karier Politik

Kompas.com - 14/05/2011, 11:28 WIB

CUNTIS, KOMPAS.com — Dalam usia 101 tahun, Josefine Villaverde meluncurkan karier politiknya. Ia akan bertarung sebagai calon dari Partai Sosialis di Cuntis, Desa Galicia, bagian barat laut Spanyol, dalam pemilihan tingkat kotapraja pada 22 Mei.    

Villaverde, yang dilahirkan pada 19 November 1909, siap dan antusias. Ia mencari dukungan di jalan-jalan di kota kecil tempat tinggalnya itu dan mengumbar janji kampanye "Menang buat Cuntis".    

Dengan wajah yang dihiasi senyum dan rambut pendek warna putih, ia mengenang saat ia memberikan suara dalam usia 24 tahun di sekolah setempat pada 19 November 1933, pemilihan umum pertama yang dibuka untuk perempuan setelah parlemen memberikan persetujuannya dua tahun sebelumnya.    

Suaminya telah memberi dia kertas suara di pintu sekolah itu sebagai formulir hadiah ulang tahun. "Ia memberikan kertas suara itu kepada saya, saya masuk dan menaruhnya di tempat kertas suara. Itulah untuk pertama kali perempuan memberikan suara di Spanyol. Dan saya ada di sana," kata Villaverde kepada harian El Mundo, sebagaimana dikutip AFP, Sabtu (14/5/2011).    

Di antara politikus saat ini, ia mendukung Menteri Pertahanan Carme Chacon sebab ia seorang perempuan. "Perempuan memangku jabatan," katanya.    

Chacon dapat menjadi calon untuk mengambil alih pimpinan Partai Sosialis dari Perdana Menteri Jose Luis Rodriguez Zapatero, yang telah memutuskan tidak mencalonkan diri lagi dalam pemilihan umum 2012.    

Villaverde mengakui, ia suka memilih Zapatero. "Ia tampan dan ia adalah orang baik. Yang paling buruk ialah ia pensiun." katanya.    

Villaverde, janda sejak 1973, dengan tiga cicit dan seorang buyut, mengatakan, ia telah menjadi "seorang sosialis sejak dilahirkan" dan sangat "suka ngomong politik". "Kamu mesti memberikan suara bukan untuk temanmu, tapi buat prinsip kamu," kata Villaverde kepada El Mundo.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com