Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikutnya, Anak dan Istri Osama

Kompas.com - 02/05/2011, 17:50 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Saluran televisi Urdu lokal, Duniya, mengutip beberapa sumber, mengatakan, enam anak dan dua istri pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, yang tewas di dekat Islamabad, ditahan bersama empat teman dekat  mereka di Pakistan. Mereka ditangkap dalam suatu operasi pencarian yang dilancarkan pada Senin dini hari oleh pasukan Pakistan di suatu daerah pegunungan, sekitar 60 kilometer di utara ibu kota Pakistan, Islamabad.    

Laporan-laporan sebelumnya menyebutkan bahwa Osama bin Laden dan seorang putranya tewas dalam operasi tersebut. Saluran TV Urdu Pakistan, Geo News, mengutip para pejabat intelijen Pakistan, mengatakan, teroris yang paling dicari di dunia itu  tewas dalam operasi pencarian yang dilancarkan oleh pasukan Pakistan.    

Osama bin Laden tewas setelah sebuah helikopter militer Pakistan ditembak jatuh pada Senin di Abbottabad, kota pegunungan yang terletak sekitar 60 kilometer di utara Islamabad.    

Sekitar pukul 01.20 waktu setempat, sebuah helikopter Pakistan ditembak jatuh oleh orang-orang tak dikenal di daerah Sikandarabad, Abbottabad. Pasukan Pakistan kemudian melancarkan suatu operasi pencarian di daerah terdekatnya dan mereka berhadapan dengan satu kelompok orang bersenjata tak dikenal. Baku tembak kemudian terjadi di antara kedua pihak.    

Ketika baku tembak berakhir, pasukan Pakistan menahan beberapa perempuan dan anak-anak Arab, di samping beberapa orang bersenjata, yang kemudian mengaku kepada pasukan Pakistan bahwa mereka bersama Osama bin Laden saat terjadi baku tembak dan Osama bin Laden tewas dalam satu tembakan.    

Media lokal melaporkan bahwa setelah jenazah Osama bin Laden ditemukan, dua helikopter Amerika terbang ke tempat itu dan membawa pergi jenazah pemimpin Al Qaeda itu. Laporan awal menyebutkan, sedikitnya seorang tewas dan dua luka-luka dalam kecelakaan helikopter yang jatuh itu. Setidaknya dua rumah ditelan api yang besar karena kecelakaan helikopter tersebut.    

Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato yang mengumumkan kematian Bin Laden, teroris nomor satu yang diburu Amerika sejak pemerintahan Presiden George W Bush karena keterlibatannya dalam serangan gedung World Trade Center pada 11 September 2001. Tewasnya Bin Laden juga mendapat sambutan dari beberapa pemimpin negara.

 
 
 
 
   
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com