Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Etiket Makan Saat Pesta Kerajaan

Kompas.com - 26/04/2011, 14:20 WIB

SEBAGAI acara kerajaan, pernikahan William dan Kate penuh dengan aturan protokoler. Saat  jamuan makan misalnya, apa yang tamu perlu diketahui sebelum duduk di resepsi pernikahan mereka nanti?

BBC melaporkan, hidangan resepsi akan disajikan prasmanan, jadi tidak perlu khawatir tentang pengaturan tempat. Namun akan ada jamuan makan malam dan saat itu orang harus duduk dan menari. Maka ada baiknya tahu tentang sejumlah tata cara makan.

Dilema peralatan makan

Sesungguhnya ini cukup sederhana. Mulailah menggunakan peralatan dari sisi luar saat makan berlangsung. Sendok sup akan selalu terletak di kanan luar jika sup merupakan hidangan pertama. Sendok sup akan berada di posisi kedua dari kanan jika sup menjadi makanan kedua. Sendok dan garpu untuk dessert akan selalu terletak di depan piring utama dengan garpu menghadap kanan dan sendok di atasnya menghadap kiri.

Peralatan Minum

Gelas-gelas juga ditempatkan sesuai urutan mereka digunakan. Jadi, misalnya, air, sampanye, anggur putih, anggur merah, anggur pencuci mulut. Sebuah serbet mungkin akan ditempatkan pada piring atau ke kiri garpu.

Bagaimana memakan

Beberapa jenis makanan punya etiket tersendiri. Roti gulung: jangan dipotong dengan pisau, pecahkan dengan jari-jari tangan. Soup: (saat menyedok) arahkan sendok menjauh dari Anda; diteguk, jangan diseruput (yang bisa menimbulkan bunyi). Asparagus: dimakan dengan menggunakan jari-jari tangan, mulailah dengan bagian kepala. Tiram: menggunakan garpu tiram untuk melepaskan tiram dari cangkangnya. Pegang cangkang di antara ibu jari dan jari telunjuk dan jari tengah, tempatkan di bibir bawah lalu keluarkan tiram dan jusnya dari cangkang. Jangan menelannya utuh. Kunyahlah perlahan dan nikmati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com