Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Sukses Uji Rudal Hatf 9 Balistik

Kompas.com - 19/04/2011, 19:29 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Militer Pakistan, Selasa (19/4/2011), mengatakan, pihaknya berhasil melakukan uji tembak rudal balistik jarak dekat yang dapat membawa hulu ledak nuklir.

Pihak militer dalam satu pernyataan mengatakan, rudal Hatf 9 dengan jangkauan tembak 60 km dapat membawa hulu-hulu ledak nuklir dengan hasil akurasi yang tinggi.

"Rudal itu dikembangkan untuk memperkuat nilai penangkalan bagi program pembangunan senjata strategis Pakistan untuk jangkauan lebih dekat," katanya.

Pihak militer menambahkan, "Sistem tanggapan cepat ini untuk memenuhi kebutuhan menangkal ancaman-ancaman yang berkembang."

Negara-negara Asia Selatan India dan Pakistan, yang pernah terlibat tiga kali perang, satu di antaranya di wilayah Kashmir yang disengketakan, secara rutin melakukan uji-uji coba rudal sejak kedua negara itu menunjukkan kemampuan nuklir mereka pada 1998.

Pakistan melakukan uji coba senjata nuklir Mei 1998, setelah India melakukan uji coba yang sama.

Kedua negara bertetangga itu nyaris terlibat konflik nuklir tahun 2002 menyangkut ketegangan di Kashmir, tetapi berhasil membuka dialog pada 2004, tiga tahun terhenti pascaserangan teroris Mumbai, India, pada November 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com