Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Pesawat Amerika Bunuh 6 Orang

Kompas.com - 14/04/2011, 02:20 WIB

PESHAWAR, KOMPAS.com — Pesawat tak berawak Amerika Serikat, Rabu (13/4/2011), memulai lagi serangan rudal di Pakistan untuk pertama kalinya dalam sebulan.

Serangan itu menewaskan enam orang yang diklaim sebagai gerilyawan jaringan Haqqani yang memiliki hubungan dengan Al Qaeda di daerah perbatasan dengan Afganistan.

Pesawat tak berawak menembakkan empat rudal ke sebuah kendaraan yang melakukan perjalanan di distrik Waziristan Selatan, dengan sasaran Taliban dan gerilyawan yang terkait dengan Al Qaeda yang menyusup ke Afganistan untuk menyerang pasukan AS.

"Itu serangan pesawat tak berawak AS. Empat rudal ditembakkan. Sasarannya sebuah kendaraan. Beberapa militan tewas. Jumlah kematian enam," kata seorang pejabat militer Pakistan kepada AFP.

Seorang pejabat keamanan lain memberikan penjelasan yang sama mengenai serangan itu, yang terjadi di dekat kota kecil Angoor Adda di Waziristan Selatan, sekitar 6 kilometer dari perbatasan dengan Pakistan.

Beberapa pejabat intelijen Pakistan mengatakan, korban-korban tewas itu adalah anggota kelompok Haqqani yang terkait dengan Al Qaeda dan dipimpin oleh panglima perang warga Afganistan, Sirajuddin Haqqani, yang bermarkas di daerah suku Waziristan Utara, Pakistan barat laut.

Seorang pejabat pemerintah di Waziristan Selatan mengatakan, orang-orang yang tewas itu semuanya warga Afganistan. Mereka berada dalam kendaraan pikap yang diserang.

Kelompok Haqqani setia pada Taliban dan dituduh bertanggung jawab atas beberapa serangan anti-AS yang paling mematikan di Afganistan, termasuk serangan bunuh diri di sebuah pangkalan AS di Khost pada 2009 yang menewaskan tujuh anggota CIA.

Insiden pada Rabu itu merupakan serangan rudal pertama sejak 17 Maret, ketika para pemimpin militer dan sipil Pakistan memprotes keras serangan udara AS yang menewaskan 39 orang, termasuk warga sipil dan polisi, di Waziristan Utara.

Taliban mengobarkan kekerasan terhadap pasukan keamanan di Pakistan, sekutu utama AS dalam "perang melawan teror", dan mengklaim banyak serangan sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak AS di daerah suku Pakistan.

Sekitar 4.000 orang tewas dalam serangan-serangan bunuh diri dan pengeboman di Pakistan sejak pasukan pemerintah melancarkan serangan terhadap kelompok garis keras di dalam sebuah masjid di Islamabad pada 2007.

AS pada 2010 menggandakan serangan rudal di kawasan suku Pakistan, dan lebih dari 650 orang tewas dalam sekitar 100 serangan sepanjang tahun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com