Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Menang, Pemberontak Adili Khadafy

Kompas.com - 29/03/2011, 05:30 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Pemberontak Libya berjanji akan mengadili Moammar Khadafy jika kelak mereka menang.

"Setelah kemenangan itu, kami akan mengadili Khadafy di Libya karena semua kejahatan yang telah ia lakukan," kata Mustafa Abdel Jalil, pemimpin Dewan Nasional pemberontak Libya, pada televisi France 2, di markas besar pemberontak Benghazi di Libya timur, Senin (28/3/2011).

"Kami akan berupaya membangun negara yang bebas dan demokratis, yang menghormati hak asasi manusia dan pergantian politik," ujarnya. Ia menambahkan, rakyat Libya telah membuat "pilihan sulit, yakni melawan tiran".

Jalil, mantan Menteri Kehakiman yang bersembunyi di tengah kekhawatiran akan keselamatannya, menambahkan bahwa pemberontak memiliki "kebutuhan mendesak akan senjata ringan".

Setelah hampir kehilangan Benghazi sebelum serangan udara koalisi dimulai pada 19 Maret, pemberontak sekarang maju dengan cepat ke arah barat. Dewan tersebut, badan dengan 31 anggota yang mewakili kota-kota besar dan sedang berada di negara Afrika utara itu, dibentuk pada 5 Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com