Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Siapkan 25 Triliun Yen!

Kompas.com - 23/03/2011, 15:54 WIB

KOMPAS.com — Gempa bermagnitudo 9,0 berikut tsunami pada Jumat (11/3/2011) di kawasan Miyagi dan Fukushima, Jepang, meluluhlantakkan Negeri Matahari Terbit. Kini sudah muncul hitungan awal ongkos pembangunan kembali Jepang. Menurut warta AFP dan AP pada Rabu (23/3/2011), besaran biaya tersebut 25 triliun yen atau 309 miliar dollar AS. Dana itu termasuk untuk membangun kembali infrastruktur, rumah, dan pabrik-pabrik. Namun, perkiraan biaya tidak termasuk dampak ekonomi yang terjadi akibat bencana tersebut.

Kerusakan akibat gempa dan tsunami yang terjadi pada 11 Maret disebutkan sebagai terburuk yang dialami Jepang sejak akhir Perang Dunia Kedua. Jumlah korban tewas kini mencapai 9.079 dan 12.645 orang hilang.

Menurut pemerintah, kerusakan infrastruktur dan ketidakpastian masa depan rekator nuklir Fukushima Daiichi akan menghambat pemulihan ekonomi Jepang. Selain masalah ekonomi, Jepang juga akan menghadapi kekurangan pasokan listrik.

Bank of Japan memperingatkan kerusakan akibat gempa akan menyebabkan fluktuasi pertumbuhan ekonomi. Padahal, sebelum gempa dan tsunami terjadi, Jepang tengah berjuang untuk terlepas dari krisis ekonomi. Posisi Jepang sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia kini tergeser oleh China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com