Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Kaya RI Bantu Jepang Rp 7 M

Kompas.com - 17/03/2011, 09:47 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Elaine Low (24), putri Low Tuck Kwong (62), orang terkaya nomor 3 di Indonesia, menyerahkan bantuan untuk korban tsunami Jepang sebesar 1 juta dollar Singapura atau sekitar Rp 7 miliar. Bantuan tersebut diserahkan Elaine melalui Kedutaan Besar Jepang di Singapura dan diterima langsung oleh Duta Besar Jepang untuk Singapura Yoichi Suzuki

Demikian diwartakan Kantor Berita Jepang Kyodo, Rabu (16/3/2011). Low Tuck Kwong adalah pemilik perusahaan tambang PT Bayan Resources. Majalah bisnis Amerika Forbes menyebut Low Tuck Kwong sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia. Kekayaannya mencapai 3,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 32,4 triliun.

Low Tuck Kwong lahir di Singapura dan pindah ke Indonesia tahun 1972. Saham perusahaan tambangnya sudah meningkat tiga kali lipat dibanding saat IPO tahun 2008. Belum lama ini Bayan mengeluarkan 270 juta dollar AS untuk mengakuisisi tambang Australia. Ia juga memiliki saham di Manhattan Resources dan Singapore HealthPartners.

Menurut Kyodo, keluarga Low Tuck Kwong memiliki banyak teman di Jepang. Disebutkan pula, keluarga konglomerat ini memiliki banyak kenangan di Tohuku, salah satu wilayah yang mengalami kerusakan parah akibat gempa 9 SR dan terjangan tsunami.

Sementara itu, pada hari yang sama di Jakarta, Pemerintah Indonesia memberi bantuan dana senilai 2 juta dollar AS atau sekitar Rp 18 miliar kepada Pemerintah Jepang. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyampaikan hal tersebut di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, seusai bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Makiko Kikuta.

Menurut Marty, selama ini Pemerintah Jepang kerap membantu Indonesia saat tertimpa bencana. "Oleh karena itu, sangat wajar ketika kali ini bangsa Jepang terkena musibah, pemerintah dan rakyat (Indonesia) memberi bantuan kepada Jepang dengan tanggap dan cepat," ujarnya.

 

Baca juga: Teror Bom Buku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com