Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Radiasi Ada di Sekitar Kita

Kompas.com - 17/03/2011, 03:31 WIB

M Zaid Wahyudi

Saat banyak orang mengkhawatirkan paparan radiasi dari ledakan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi, Jepang, tanpa kita sadari, tubuh kita terpapar radiasi setiap hari. Sumber radiasi itu berasal dari alam dan teknologi untuk membantu manusia.

Sumber radiasi dari alam itu berasal dari radiasi kosmik, sinar matahari, kulit bumi, gas radioaktif radon, serta makanan dan minuman yang kita konsumsi. Tubuh manusia juga mengandung zat radioaktif, yaitu karbon-14, potasium-40, dan polonioum-210.

Total radiasi dari alam yang tak bisa dihindari ini mencapai 2,4 milisieverts (mSv). Radiasi paling tinggi berasal dari radon yang berasal dari peluruhan uranium di kulit bumi sebesar 1,3 mSv.

Adapun sumber radiasi yang berasal dari teknologi buatan manusia di antaranya berasal dari penggunaan radiasi untuk dunia medik, sisa uji coba bom atom dan PLTN, hasil pembakaran batu bara, hingga penggunaan produk-produk yang memancarkan radiasi.

Jumlah paparan radiasi nonalami ini berbeda pada tiap orang, tergantung interaksinya dengan tempat, jenis pekerjaan, hingga penggunaan benda-benda yang bersifat radiatif. Paparan yang diderita pilot, petugas radiologi rumah sakit, hingga petugas di reaktor nuklir tentu jauh lebih tinggi dibandingkan masyarakat biasa.

Tingkat radiasi dari penggunaan produk teknologi ini umumnya rendah. Untuk sumber radiasi nonalami, paparan tertinggi berasal dari penggunaan alat-alat medik sebesar 0,4 mSv per tahun.

Salah satu teknologi yang menggunakan zat radioaktif adalah detektor logam dan mesin pemindai barang yang ada di terminal bandar udara.

Deputi Bidang Pengkajian Keselamatan Nuklir Badan Pengawas Tenaga Nuklir Khoirul Huda, Rabu (16/3) di Jakarta, mengatakan, meski dirancang dengan radioaktif minim, jika terpapar radiasi dari alat itu cukup lama, tetap akan berbahaya. ”Ketika melintasi detektor logam, disarankan segera beranjak dari bawahnya,” katanya.

Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) menetapkan dosis radiasi bagi masyarakat umum adalah 1 mSv setahun. Hal itu untuk keamanan manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com