Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jurnalis Media Amerika Hilang di Libya

Kompas.com - 17/03/2011, 02:14 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Empat jurnalis media terkemuka Amerika Serikat, New York Times, hilang di Libya, negeri bergolak yang rakyatnya sedang berjuang melengserkan Pemimpin Moammar Khadafy.

Menurut Times, para redaktur terakhir kali melakukan kontak dengan keempat wartawan itu pada Selasa pagi waktu New York. Times mengatakan, pihaknya memperoleh "laporan dari tangan kedua" bahwa reporternya di kota pelabuhan Ajdabiya itu ditangkap pasukan Pemerintah Libya.

"Kami berbicara dengan para pejabat Pemerintah Libya di Tripoli dan mereka mengatakan kepada kami bahwa mereka berusaha memastikan keberadaan wartawan-wartawan kami itu," kata redaktur pelaksana surat kabar itu, Bill Keller.

"Kami berterima kasih kepada Pemerintah Libya karena jaminan mereka bahwa jika wartawan-wartawan itu ditangkap, mereka akan segera dibebaskan tanpa cedera," kata Keller.

New York Times mengidentifikasi keempat wartawan itu sebagai kepala biro Beirut, Anthony Shadid, pewarta dan videografer Stephen Farrell, serta dua wartawan foto Tyler Hicks dan Lynsey Addario.

Shadid dua kali menerima hadiah Pulitzer, penghargaan bergengsi bagi wartawan Amerika, sedangkan Farrell diculik oleh Taliban pada 2009 dan diselamatkan pasukan komando Inggris. Hicks dan Addario memiliki pengalaman luas dalam pekerjaan mereka di Timur Tengah dan Afrika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com