Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Gempa Kali Ini di Shizuoka

Kompas.com - 15/03/2011, 22:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jepang masih terus diguncang gempa susulan sejak gempa bermagnitud 9 terjadi Jumat (11/3/2011) pekan lalu. Dua gempa terjadi hampir beruntun dalam hitungan menit terjadi Selasa (15/3/2011) malam ini. Masing-masing pukul 22.31 dan pukul 22.37 waktu setempat.

Gempa pertama dengan kekuatan 6,1 berpusat di wilayah Prefektur Shizuoka di Jepang bagian tengah. Wilayah tersebut diperkirkan paling kuat merasakan guncangan gempa yang berada pada kedalaman 1 km di darat sesuai data awal United States Geological Survei (USGS). Sementara gempa kedua berkekuatan 5,8 (direvisi dari 5,2 sebelumnya) berpusat di laut dekat pusat gempa berkekuatan 9 pekan lalu.

Getaran gempa dilaporkan terasa kuat hingga Tokyo yang berjarak 115 km di utara. Belum diketahui dampak gempa tersebut. Namun, sejauh ini belum ada laporan kerusakan berarti di wilayah Shizuoka.

Meski sangat kuat dan berpusat di darat, gempa tersebut dilaporkan tak sampai merusak fasilitas umum. NHK melaporkan bahwa TEPCO (Tokyo Electric Power Company) yang mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir memastikan reaktor nuklir Hamaoka di Shizuoka masih bekerja normal. begitu pula beberapa pembangkit lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com