Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juru Kamera Al Jazeera Ditembak Mati

Kompas.com - 13/03/2011, 03:35 WIB

BENGHAZI, KOMPAS.com — Ali Hassan Al Jaber, juru kamera stasiun televisi Al Jazeera, terbunuh dalam penyergapan di dekat kota Benghazi, basis kaum pemberontak, 1.000 km di timur kota Tripoli, Libya.

Ali Hassan saat itu kembali ke Benghazi dari kota di dekatnya setelah mengirimkan laporan dari kubu pemberontak ketika seseorang yang tak diketahui menembaki mobil yang ia tumpangi bersama koleganya.

Selain Ali Hassan, ada dua orang lagi yang ditembak. Ali Hassan dilarikan ke rumah sakit, tetapi nyawanya tidak tertolong.

Wadah Khanfar, Direktur Umum Al Jazeera, mengatakan, pihaknya "tidak akan tinggal diam" dan akan mengejar pihak di balik penyergapan itu melalui jalur hukum.

Menurut dia, pembunuhan itu terjadi setelah kampanye yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap jaringan Al Jazeera oleh pemimpin Libya, Moammar Khadafy.

"Al Jazeera mengutuk kejahatan pengecut yang merupakan bagian dari kampanye jahat rezim Libya untuk membidik Al Jazeera dan para stafnya," demikian pernyataan Al Jazeera.

"Al Jazeera menegaskan bahwa penyerangan itu tidak menyurutkan misinya, mencerahkan publik secara profesional mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di Libya dan di mana pun."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com