Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga Arab Setuju Zona Larangan Terbang

Kompas.com - 13/03/2011, 02:50 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Liga Arab mendukung rencana mengadakan zona larangan terbang di atas Libya dan menjalin hubungan dengan pemberontak anti-Moammar Khadafy.

Hal ini dinyatakan beberapa diplomat dalam pembicaraan soal krisis Libya di ibu kota Mesir, Kairo, Sabtu (12/3/2011).

Liga yang beranggotakan 22 anggota organisasi Arab Raya itu setuju untuk melakukan kontak dengan dewan nasional yang dibentuk para pemberontak rezim Khadafy di markas besar mereka di Benghazi, 1.000 km dari Tripoli.

Para menteri luar negeri Liga Arab "setuju untuk mengundang Dewan Keamanan PBB untuk memikul tanggung jawabnya dan menerapkan zona larangan terbang guna melindungi rakyat Libya", kata seorang diplomat tanpa menyebut nama.

Keputusan itu disahkan oleh sembilan dari 11 menteri luar negeri yang menghadiri pertemuan Liga Arab itu. Hanya Aljazair dan Suriah yang menentang keputusan itu. "Menteri-menteri itu juga memutuskan untuk membuka saluran guna menghubungi dewan nasional sementara di Libya dalam upaya untuk membantu rakyat Libya," diplomat tersebut menambahkan.

Dua diplomat yang lain memastikan keputusan itu. Dewan nasional Libya yang memiliki 30 anggota telah minta Liga Arab untuk mengakui mereka sebagai wakil negara itu ketimbang rezim Khadafy. 

Sebelumnya, Perancis pada Kamis menjadi negara pertama yang mengakui oposisi Libya sebagai wakil sah rakyat Libya, beberapa pejabat di Paris mengatakan.

Pada Jumat, Libya mengatakan, negara itu telah membekukan hubungan dengan Perancis karena keputusan tidak sahnya mengakui pemberontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com