Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timor Leste, Makin Positif Masuk ASEAN

Kompas.com - 07/03/2011, 17:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia selaku pimpinan ASEAN menyampaikan, bahwa pihaknya mulai memproses permintaan Timor Leste untuk bergabung dalam ASEAN. Juru Bicara Kementrian Luar Negeri RI, Michael Tene, menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia mendukung negara tersebut bergabung.

"Dengan diterimanya surat resmi Timor Leste menjadi bagian dari ASEN kemarin, prosesnya sekarang sudah bergulir," kata Michael di Kementrian Luar Negeri, Jakarta, Senin (7/3/2011).

Kendati demikian, Michael belum bisa memastikan waktu yang tepat Timor Leste resmi bergabung dengan ASEAN. Hal itu tergantung kesiapan diri negara itu untuk dapat memfasilitasi berbagai instrumen ASEAN.

"Untuk jadi anggota ASEAN harus mengaksesi, baik di bidang politik, ekonomi, dan lainnya," kata Michael.

Surat permintaan Timor Leste untuk menjadi anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara tersebut, tambah Michael, akan disampaikan kepada negara-negara anggota ASEAN lainnya. Selanjutnya, permintaan itu secara konsensus akan dimintai persetujuannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com