Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Urusan Minoritas Tewas Ditembak

Kompas.com - 02/03/2011, 16:40 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Orang bersenjata menembak hingga tewas Menteri Urusan Minoritas Pakistan, Shahbaz Bhatti, di Islamabad, Rabu (2/3/2011, kata polisi dan seorang dokter rumah sakit. Bhatti, seorang politisi Kristen, sebelumnya mengeluhkan ancaman-ancaman pembunuhan terhadap dirinya.

Bhatti, seorang Katolik, vokal menentang hukum tentang penghujatan Pakistan yang kontroversial. Kematiannya terjadi dua bulan setelah Gubernur Provinsi Punjab, Salman Taseer, yang juga berkampanye melawan hukum itu, dibunuh.

Penyerang tak dikenal memberondongkan peluru ke mobil Bhatti di sebuah perumahan di ibu kota Pakistan sebelum melarikan diri, kata perwira polisi, Abdul Majid, kepada AFP. Dia meninggal setibanya di rumah sakit Shifa Islamabad, kata dokter Azmatullah Qureshi. Pembunuhan itu terjadi setelah pembunuhan terhadap Salman Taseer yang berpikiran liberal, Januari lalu, oleh salah satu pengawal sendiri, seorang polisi.

Bhatti sebelumnya mengatakan, ia juga telah diancam terkait oposisinya terhadap hukum tentang penghujatan yang kontroversial itu. Hukum Pakistan terhadap penghujat Islam memungkina terdakwa dihukum mati. Sementara tidak ada yang pernah dikirim ke tiang gantungan untuk kasus kejahatan. Para aktivis mengatakan, hukum itu digunakan untuk mengeksploitasi orang lain terkait permusuhan pribadi atau sengketa bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com