Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Pertama untuk Menlu Rusia

Kompas.com - 28/02/2011, 16:37 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov akan menghadiri pertemuan ke-16 Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa saat kunjungannya ke Swiss mulai 28 Februari hingga 1 Maret.    

Menlu Rusia sebelumnya tidak pernah mengikuti pertemuan Dewan tersebut. Ketika berpidato pada Senin (28/2/2011), Lavrov akan berfokus pada kebutuhan untuk memodernkan sistem hubungan internasional dalam landasan nilai-nilai tradisional untuk meraih kestabilan dan keamanan dunia.    

Keadaan negara-negara di Timur Tengah, Korea Utara, Myanmar, dan Afrika juga akan diperbincangkan. Sebanyak 120 laporan diperkirakan akan dibahas dan sejumlah 30 resolusi akan diberlakukan.    

Selain itu di sela-sela pertemuan Lavrov dapat bertemu dengan Menlu Amerika Serikat, Hillary Clinton untuk membahas krisis politik Timteng dan secara khusus mengenai unjuk rasa berdarah di Libya. Lavrov akan membahas sidang paripurna mengenai Konferensi Pelucutan Senjata pada Selasa. Dia akan memaparkan upaya Rusia terhadap kunci permasalahan pelucutan senjata, nonproliferasi, dan pengendalian persenjataan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com