Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

165 Pesawat China Jemput Warga di Libya

Kompas.com - 27/02/2011, 03:04 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah Republik Rakyat China mempercepat pengungsian warganya dari Libya dengan 15 pesawat per hari untuk dua pekan ke depan.

Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) mengadakan pertemuan darurat di Beijing, Sabtu (26/2/2011) dan memutuskan, pesawat tambahan dikirim setiap hari mulai 28 Februari hingga 10 Maret menuju sejumlah negara tetangga di sekitar Libya bagi pengungsian massal.

Dengan demikian, total jenderal China akan menerbangkan 165 pesawat ke Libya. Itu belum termasuk pesawat dari maskapai yang sudah menyatakan kesanggupannya mengirim pesawat ke Libya.

Sejalan dengan jadwal CAAC, sejumlah maskapai besar asal China akan melakukan misi pengungsian melalui jalur udara dan memulangkan warga negara China yang tertahan secepat mungkin.

Dalam upaya tersebut, Air China akan mengirimkan lima pesawat penumpang setiap hari menuju Pulau Kreta di Yunani. Selain itu, maskapai China Eastern akan menerbangkan empat pesawat setiap hari ke Malta.

Sedangkan maskapai China Southern akan mengirimkan empat pesawat ke pulau Djerba di Tunisia serta maskapai Hainan juga akan menerbangkan dua pesawat setiap hari menuju Pulau Kreta, Yunani.

Menurut Kementerian Luar Negeri China pada Sabtu siang, hampir 16.000 warga negara China telah diungsikan dari Libya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com