Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum ArtScience Hadiah untuk Dunia

Kompas.com - 17/02/2011, 16:55 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Singapura baru saja mempersembahkan hadiah untuk dunia yaitu sebuah Museum ArtScience di Marina Bay Sands yang resmi dibuka, Kamis (17/2/2011). Museum yang dirancang oleh arsitek terkenal berkebangsaan Israel-Kanada, Moshe Safdie, ini disebut sebagai "The Welcoming Hand of Singapore" oleh Sheldon Adelson, pimpinan visioner di Las Vegas Sands Corp.

Museum yang menjadi ikon baru Kota Singapura ini akan menjadi tuan rumah pameran internasional yang memiliki 21 ruang galeri dengan total luas 6.000 meter persegi. "Struktur bangunan sangat spesial, ini merupakan hadiah Singapura kepada dunia," kata Moshe Safdie dalam konferensi dengan wartawan dari berbagai negara.

Atap museum dapat menampung air hujan yang disalurkan ke bawah melalui pusat bangunan ke kolam pemantul di lantai gedung terbawah. Air hujan didaur ulang dan disalurkan kembali melalui fitur air untuk air terjun silinder yang terus mengalir tanpa henti. Air hujan tersebut juga didaur ulang untuk digunakan dalam kamar mandi museum sebagai bagian dari program Mark Green di Singapura.

Museum dikelilingi oleh kolam bunga lili yang memantul seluas 4.000 meter persegi. Museum mengapung di teras bernuansa perkotaan baru yang dinamis dan memungkinkan para pengunjung menikmati pemandangan Singapura dan Marina Bay Sands.

Sheldon Adelson menyebutkan museum ini akan menjadi basis kunjungan ke Marina Bay Sands Singapore yang konsepnya menyatu dengan pusat belanja, bisnis, hiburan dan kasino dengan total investasi mencapai 6 miliar dollar AS.

Para kontraktor museum ini adalah Penta Ocean (Jepang), DK Composites (Malaysia), Yongnam (Singapura), L&K Engineering (Taiwan), Bi Water (Hing Kong), Alfasi Construction (Australia), dan Sunray Woodcraft (Singapura).

Ruang dalam yaitu pada "jari-jari" setinggi 60 meter yang merupakan galeri unik dengan pencahayaan alami dari ujung-ujung jari tersebut sehingga menerangi bentuk-bentuk dinding interior yang diberi berbagai pahatan. Kontrol temperatur diatur sangat baik untuk menjaga isi museum yang memiliki konstruksi 5.600 baja seberat 5.200 ton.

Gabungan seni dan sains

Di dalam museum terdapat ArtScience Gallery yang merupakan pameran dengan kekuatan kreativitas yang menggabungkan disiplin ilmu seni dan sains.

Ada tiga ruang galeri yang unik yang membawa pengunjung larut dalam proses kreatifitas yaitu ruang Curiosity yang mendorong pengunjung untuk datang dan merenung tentang bagaimana mereka mendefinisikan seni dan ilmu sains, apa artinya bari mereka, dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com