Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Pembatasan BBM Bisa Batal

Kompas.com - 09/02/2011, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah sudah menargetkan pembatasan konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi pada 1 April mendatang. Namun, pelaksanaannya tergantung pada kajian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, kajian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu mengenai kondisi dan dampak sosial atas pemberlakuan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Menurut dia, pemerintah bisa berubah pikiran jika pemberlakuan pembatasan BBM bersubsidi menimbulkan inflasi dan distorsi besar terhadap perekonomian. "Ini semuanya untuk perekonomian kita untuk kesejahteraan dan keadilan," katanya, Rabu (9/2/2011).

Hatta belum tahu kapan pengkajian oleh Kementerian ESDM itu selesai. Dia meminta wartawan bertanya langsung ke Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh.

Sebelumnya Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyampaikan, pembatasan BBM bersubsidi berlaku 1 April mendatang. Beberapa kalangan berpendapat, pemberlakuan kebijakan ini bakal menggenjot inflasi. Kepala Riset Danareksa Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa menghitung pembatasan BBM bersubsidi itu bisa menyumbang inflasi sebesar 1,5 persen jika desainnya tidak tepat. (Yudho Winarto/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com