Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serbu Gedung Kementerian, 10 Orang Tewas

Kompas.com - 30/01/2011, 12:22 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Lebih dari 10 pemrotes tewas dalam bentrokan dengan polisi di dekat gedung Kementerian Dalam Negeri Mesir di Kairo pada Minggu pagi (30/1/2011), menurut laporan televisi Al Jazeera.    

Sekelompok pengunjuk rasa berusaha menyerbu memasuki bangunan yang terletak di pusat ibu kota Mesir. Tindakan tersebut memaksa polisi melepaskan tembakan.    

Di Kantor Gubernur Faiyum, yang terletak sekitar 81 mil (130 kilometer) sebelah barat daya Kairo, orang bersenjata tak dikenal menembak mati pimpinan sebuah penjara lokal, membebaskan beberapa ratus tahanan, kata Al Jazeera.     Aksi protes antipemerintah di Mesir terus berlanjut hingga Sabtu dengan kerumunan puluhan ribu orang menuntut Presiden Hosni Mubarak mundur setelah tiga dekade berkuasa.    

Sebelumnya, Al Jazeera memberitakan bahwa sekitar 100 orang telah tewas dalam bentrokan dengan polisi di Kairo dan kota-kota Mesir lainnya.    

Pada Sabtu kemarin, Mubarak membubarkan pemerintahan negara dan menunjuk mantan Menteri Penerbangan Sipil Ahmed Shafiq sebagai perdana menteri baru, dan memerintahkan dia membentuk kabinet baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com