Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Kembar 3 Lahir Prematur di Maumere

Kompas.com - 25/01/2011, 05:22 WIB

MAUMERE, KOMPAS.com - Bayi kembar tiga lahir dengan selamat melalui operasi caesar oleh tim medis RSUD TC Hillers Maumere, Nusa Tenggara Timur. Mereka anak Maria Nona Idi dan Markus, warga Desa Baumekot, Kecamatan Kewapante.

Kini, bayi kembar tiga itu masih dalam perawatan intensif medis RSUD Maumere. Data yang diperoleh FloresStar, bayi kembar tiga berjenis kelamin perempuan ini merupakan kelahiran kedua.

Saat lahir antara bayi pertama, kedua dan ketiga berbeda dua menit. Bayi pertama lahir  pukul 12.27 Wita, bayi kedua pukul 12.29 Wita dan bayi ketiga pukul 12.31 Wita.

Bayi pertama memiliki berat badan 1,250 kg, bayi kedua 1,450 kg dan bayi ketiga 1,100 kg. Kondisi kesehatan bayi ketiga sempat menurun, tapi kini sudah mulai membaik.

Namun, pada umumnya ketiga bayi tersebut lahir dalam kondisi berat badan rendah. Seorang petugas kesehatan di ruangan perawatan bayi, mengatakan, ibu yang melahirkan kembar tiga kini dalam kondisi sehat, dan bayinya  masih dalam incubator.

Pihaknya terus memantau sehingga kondisi bayi benar-benar bisa diketahui. Dokter spesialis anak di RSUD TC Hillers Maumere, dr Mario Nara, menjelaskan, bayi kembar tiga ini  belum cukup umur.

Bayinya prematur dan berat badan bayi lahir rendah karena kemungkinan kesehatan ibu dan zat makanan yang ada dibagikan kepada tiga orang sehingga berat badan mengalami penurunan.

Ditanya apakah kondisi bayi bisa terbantu, Mario menegaskan, bisa terbantu jika bayi tersebut terus dipantau berat badannya. Khusus untuk bayi ketiga yang berat badannya 1,100  kg kini mulai membaik.

Sedangkan bayi pertama dan kedua juga sudah membaik. "Seharusnya bayi yang lahir berat badan yang normal harus 2, 500 kg. Bayi kembar tiga di RSUD Maumere akan kami pantau terus kesehatannya. Ibunya juga dalam kondisi baik," kata Mario.

Pantauan di ruangan bayi, tampak bayi kembar tiga dimasukkan ke dalam satu incubator dan terus dijaga tiga petugas kesehatan. Sedangkan ibunya masih terbaring di ruangan Anggrek RSUD Maumere. (ris)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com