Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Sambut Baik Timor Leste di ASEAN

Kompas.com - 21/01/2011, 13:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia menyambut baik keinginan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao untuk bergabung dalam keanggotaan Negara-Negara Asia Tenggara atau ASEAN.

Meskipun demikian, Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Michael Tene mengatakan, tidak ada jaminan bahwa Timor Leste akan bergabung dengan ASEAN dalam setahun ini.

Menurut Michael, terdapat sejumlah tahapan proses yang harus ditempuh Timor Leste untuk bergabung. "Presiden mengatakan, Indonesia mendukung permintaan Timor Leste. Namun, harus ada proses yang bergulir," katanya dalam jumpa pers di kantor Kementrian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta, Jumat (21/1/2011).

Untuk memenuhi tahapan tersebut, lanjut Michael, Timor Leste membutuhkan waktu untuk persiapan. "Jadi proses itu akan bergulir, belum tentu akan selesai setahun, tapi Indonesia mendukung," tambahnya.

Untuk menjadi anggota ASEAN, kata Michael, Timor Leste harus bersiap-siap dalam menjadi bagian dari berbagai perjanjian ASEAN atau mengikuti berbagai pertemuan anggota ASEAN. "Karena menjadi anggota ASEAN, Timor Leste juga harus menjadi bagian perjanjian dari ASEAN dan dia harus mengikiti berbagai pertemuan ASEAN," tegasnya.

Seperti diberitakan, Xanana Gusmao berharap jika Kepemimpinan Indonesia dalam ASEAN dapat mempercepat proses bergabungnya Timor Leste sebagai anggota kesebelas ASEAN.

Menanggapi permintaan Xanana tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga menyatakan dukungan agar bergabungnya Timor Leste dalam ASEAN segera diproses. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com