Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 7,2 Guncang Pakistan

Kompas.com - 19/01/2011, 07:57 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com -  Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) mengguncang Pakistan baratdaya, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), Rabu (19/1/2011). Ketakutan akan kerusakan besar di daerah terpencil itu berkurang ketika USGS merevisi perkiraan awalnya yang menyatakan, pusat gempa itu  sangat dangkal

Laporan awal USGS mengatakan gempa itu, yang terjadi pada Rabu pukul 01.23 waktu setempat (atau pukul 03.23 WIB), berpusat di kedalaman 10 kilometer dengan kekuatan 7,4 SR. Namun lembaga itu kemudian merevisi dengan mengatakan gempa tersebut berpusat di kedalaman 83 kilometer, di sekitar 55 kelometer di barat Dalbandin, kota dengan sekitar 15.000 penduduk.

Gempa tersebut terjadi di dekat wilayah  perbatasan yang sulit dengan Afganistan, dan korban luka-luka mungkin terbatas mengingat jarangnya penduduk.

Warga kota India New di Delhi dan Dubai di kawasan Teluk mengatakan, mereka merasakan gempa itu, sebagaimana yang dirasakan orang di pelabuhan besar Karachi di Pakistan, meskipun tidak ada laporan awal soal kerusakan atau korban luka-luka.

Pusat Tsunami Pasifik menyatakan, gempa di laut itu tidak memicu tsunami di Lautan Hindia.

Gempa dengan kekuatan sebesar itu, jika terjadi pada kedalaman yang dangkal dan dekat pusat-pusat permukiman, mampu menyebabkan kerusakan besar dan meluas serta dapat menimbulkan ketegangan baru di negara yang masih terhuyung-huyung akibat banjir yang merusak tahun lalu. Bencana banjir di Pakistan tahun lalu menyebabkan kerusakan besar dan lebih dari 10 juta orang menjadi tunawisma.

Pada 8 Oktober 2005, gempa berkekuatan 7,6 SR, yang mengguncang di sekitar 95 Km di timurlaut Islamabad, menewaskan lebih dari 70.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com