Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salva Kiir Sambut Saat Bersejarah Sudan

Kompas.com - 09/01/2011, 18:36 WIB

JUBA, KOMPAS.com — Presiden Sudan Selatan Salva Kiir menyambut baik saat bersejarah bagi rakyatnya pada Minggu (9/1/2011), saat ia berada di antara orang-orang yang pertama memberikan suara dalam referendum kemerdekaan bagi wilayah yang dilanda perang itu.

"Ini adalah saat bersejarah rakyat Sudan Selatan yang telah ditunggu-tunggu," katanya, sambil mengangkat tangannya kepada wartawan untuk menunjukkan tinta yang tak terhapuskan, yang membuktikan bahwa dia telah memilih.

Utusan AS, Scott Gration dan John Kerry, serta bintang Hollywood, George Clooney, menyaksikan bagaimana ia memberikan suara di sebuah tempat pemungutan suara (TPS) yang didirikan untuk memperingati pemimpin pemberontak almarhum John Garang di ibu kota wilayah Juba.

Ribuan orang antre di TPS-TPS di sekitar kota lama sebelum jajak pendapat itu dibuka pada pukul 08.00 pagi waktu setempat.

"Saya ingin mengajak semua orang Sudan Selatan untuk bersabar dalam kasus orang tidak memiliki waktu untuk memberikan suaranya pada hari ini," kata Kiir.

Referendum ini ditutup pada pukul 17.00 waktu setempat pada hari pertama dari tujuh hari referendum kemerdekaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com