Salah Kira, Tentara Israel Saling Tembak - Kompas.com

Salah Kira, Tentara Israel Saling Tembak

Kompas.com - 08/01/2011, 18:28 WIB

KOMPAS.com – Hati-hati dengan senjata. Salah-salah, justru kawan sendiri jadi korban.

Nasib sial dialami satu orang tentara Israel yang tengah bertugas di Gaza. Soalnya, justru peluru yang memutus nyawanya berasal dari senjata kawan sendiri. Tak hanya itu, empat tentara Israel juga terluka lantaran saling tembak antarmereka sendiri, sebagaimana warta AP dan AFP pada Sabtu (8/1/2011). 

Militer Israel menyebut insiden terjadi akibat kesalahpahaman. Sebenarnya saat itu tengah terjadi baku tembak antara milisi Palestina dengan tentara Israel di Gaza, tetapi alih-alih menembak milisi Palestina, tentara Israel justru menembak rekannya sendiri.

Insiden ini terjadi ketika milisi Palestina tengah mencoba memasang alat peledak di bawah pagar keamanan yang dijaga militer Israel sepanjang perbatasan. Tapi, ketika militer Israel mencoba menembak para milisi, justru yang menjadi sasaran tembak adalah rekan mereka sendiri yang sedang berpatroli di kawasan tersebut.

Sebelumnya pasukan keamanan Israel menyebut empat tentara mereka luka-luka, kemudian menambahkan kalau satu orang tewas.

Gagal

Otoritas keamanan Israel tidak menjelaskan secara rinci bagaimana insiden ini bisa terjadi, tetapi diduga ini disebabkan oleh kegagalan pemakaian salah satu senjata. Militer Israel mengatakan akan menginvestigasi kejadian ini.

Saksi mata di Gaza mengatakan kalau mereka mendengar ledakan besar dekat perbatasan, tidak jauh dari Nirim Kibbutz di wilayah Israel. Bentrokan ini sendiri terjadi menyusul peningkatan ketegangan di sepanjang perbatasan Gaza ditandai dengan meningkatnya baku tembak.

 

EditorJosephus Primus

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM