Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Bentuk Tim Pakar untuk Kolera Haiti

Kompas.com - 07/01/2011, 15:28 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — PBB telah mengumumkan nama anggota Tim Pakar Independen untuk Wabah kolera di Haiti, Kamis malam, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara Sekjen PBB Ban Ki-moon.

Ban mengumumkan pada 17 Desember bahwa ia akan membentuk tim untuk menentukan sumber wabah kolera di Haiti, yang sejauh ini telah memakan korban jiwa lebih dari 2.700 orang. "Sejak pengumuman awal, sekretaris jenderal telah bekerja dengan para mitra, termasuk WHO, untuk mengidentifikasi para ahli teknis dalam kesehatan masyarakat, epidemiologi, mikrobiologi, dan air serta sanitasi untuk bertugas di panel itu," kata pernyataan tersebut.

Menurut pernyataan, panel akan dipimpin oleh Dr Alejandro Cravioto, seorang warga Meksiko yang bekerja pada Pusat Internasional untuk Penelitian Penyakit Diare di Banglades (ICDDR, B). Anggota panel lainnya terdiri atas Dr Claudio Lanata dari Instituto de Investigacion Nutricional (IIN) di Peru, Dr Daniele Lantagne dari Harvard University Amerika Serikat, serta Dr Balakrish Nair dari Institut Nasional Kolera dan Penyakit Enterik di India.

Para anggota panel akan melakukan perjalanan ke Haiti dan memeriksa data pada wabah secara independen, dan menyajikan temuan mereka untuk Ban dalam laporan tertulis. "Para anggota panel telah dipilih berdasarkan statuta global mereka, keahlian, dan pengalaman yang luas berkaitan dengan kolera dalam segala aspeknya," kata pernyataan itu.

"Sekretaris Jenderal menyampaikan terima kasih kepada masing-masing anggota panel atas penerimaan mereka menjadi bagian dari upaya yang sangat penting ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com