Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Belum Surut, Badai Ikut-ikut

Kompas.com - 06/01/2011, 15:33 WIB

KOMPAS.com – Ancaman badai bakal makin memorak-porandakan negara bagian Queensland. Pihak pemantau cuaca Australia sudah mengatakan badai yang bersamaan dengan hujan lebat itu akan memperburuk kondisi banjir di wilayah tersebut.

Sampai saat ini, ribuan rumah telah terendam banjir di  Queensland. Sementara itu, perkiraan cuaca menyebutkan hujan deras akan terjadi di Queensland bagian tengah dan selatan.

Di Kota Rockhampton, sekitar ratusan orang dievakuasi setelah air sungai Fitzroy mencapai ketinggian 9,2 meter. Kota St George juga terkena banjir akibat meluapnya sungai Balonne pada Minggu.

Sekitar 1.200 rumah di seluruh Queensland telah tergenang sejak hujan deras yang terjadi sejak bulan lalu. Sementara, sekitar 10.700 rumah lainnya terancam rusak, seperti disampaikan oleh seorang pejabat.

Menurut pakar cuaca Bryan Rolstone hujan deras akan terjadi di wilayah Wide Bay-Burnett. Masalahnya, dua kota yang terkena dampaknya adalah Rockhampton dan Bundaberg, yang saat ini telah digenangi banjir. Koordinator bencana Ian Stewart mengatakan perkiraan cuaca itu mengkhawatirkan. "Kami memantau kondisi cuaca dengan sangat hati-hati," kata dia.

Di St George, sebagaimana warta ABC pada Kamis (6/1/2011), penduduk telah mengisi 10.000 karung dengan tanah dan masih akan menambahnya untuk mencegah banjir masuk ke rumah mereka. Meski di sejumlah wilayah Queensland air sudah mulai menyusut, bahaya lain mengintai penduduk jika kembali ke rumah mereka yaitu ular dan buaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com